Kopi Robusta murah | Kopi Terbaik

Kopi Robusta Murah | Kopi Terbaik

Kopi Robusta Palembang | Kopi terbaik

Rp. 35.000

083809273099

Jl. Setu Indah No. 116  Kelapa Dua Cimanggis, Depok

Kopi Robusta murah | Kopi Terbaik

Kopi Robusta murah Indonesia masuk dalam jajaran 5 besar negara importir sekaligus eksportir kopi se-ASEAN. Perkebunan kopi tersebar tidak sedikit di Indonesia, khususnya di Aceh, Sumatera hingga dengan Jawa dan Bali. Di samping kopi arabika, jenis kopi yang tak kalah tidak sedikit dibudidayakan di Indonesia ialah kopi robusta.

Sebelumnya, telah ada tulisan yang membicarakan tentang kopi dan kopi arabika secara tersendiri. Di tulisan berikut, jenis robusta yang bakal diulas.

Kopi Robusta

Merupakan jenis kopi yang dapat tumbuh di elevasi 1700 m dpl dan atau di bawah elevasi tanaman kopi arabika. Kopi robusta berasal dari Afrika, yakni dari pantai barat hingga ke Uganda. Tahun 1898 di Kongo, ialah masa mula kopi robusta ditemukan, tepatnya oleh Emil Laurent. Tetapi, terdapat sumber beda yang melafalkan bahwa kopi robusta kesatu ditemukan oleh Richard dan John Speake tahun 1862 silam. Nama “robusta” sebenarnya melulu nama dagangnya. Sedangkan nama botaninya ialah canephora. Diperkirakan kopi robusta masuk ke Indonesia selama tahun 1900.

Kopi robusta barangkali tidak seenak kopi arabika. Tetapi, tumbuhan kopi robusta dapat menghasilkan biji kopi yang lebih banyak, beradaptasi lebih baik dengan lingkungan dan lebih tahan terhadap karat daun. ciri-ciri tumbuhan kopi robusta

  1. Memiliki batang yang berkayu, keras, tegak dan warnanya putih keabu-abuan.
  2. Tinggi tanaman dapat sampai 5 meter.
  3. Ruas cabangnya pendek.
  4. Bijinya agak bulat.
  5. Lengkungan bijinya lebih tebal, bila dikomparasikan jenis arabika.
  6. Belahan tengah dari atas ke bawah nampak nyaris rata.
  7. Jumlah kromosomnya terdapat 22.
  8. Lebih tahan terhadap serangan HPT.
  9. Penyerbukan pada tumbuhan kopi robusta ialah penyerbukan silang (serbuk sari yang jatuh di kepala putik tumbuhan robusta ialah berasal dari bunga tanaman lain, namun masih sejenis). Hal ini sebab posisi tangkai putik tumbuhan robusta tumbuh menjulang lebih tinggi daripada posisi benang sarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *