Kopi Janji Jiwa | Kopi Robusta Palembang

Kopi Janji Jiwa | Kopi Robusta Palembang

Kopi Robusta Palembang
Kopi Robusta Palembang

Rp. 35.000/ 250gr
Jl. Setu Indah No. 116 Kelapa Dua Cimanggis, Depok
WA: https://bit.ly/2V3VvIx

Kopi Janji Jiwa | Kopi Robusta Palembang

Fakta Kopi Robusta

Ada sejumlah fakta seputar kopi robusta janji jiwa yang butuh diketahui, di antaranya sebagai berikut:

Kopi robusta tidak sedikit diproduksi di perkebunan Asia Pasifik dan Afrika.
Di Indonesia, kopi robusta paling tidak sedikit diminati guna dibudidayakan, tepatnya semenjak tahun 1911. Hal tersebut karena tumbuhan robusta lebih tahan terhadap serangan hama penyakit, terutama karat daun, yang saat tersebut mematikan mayoritas tanaman arabika.
Tanaman kopi robusta, diduga ada 42% di dunia dan 75%-nya lagi terdapat di Indonesia.
Sekitar 933 Ha dari total 1,24 juta Ha perkebunan kopi Indonesia ialah kebun kopi robusta. Kopi robusta Indonesia, tidak sedikit dibudidayakan di Bengkulu dan Lampung (Sumatera) serta Sulawesi Selatan.
Kadar kafein robusta selama 1,7 – 4%.
Tidak seharum dan sesedap kopi arabika. Hal ini yang menciptakan mutu dan harga kopi robusta di bawah kopi arabika.

Kopi Robusta Palembang Merupakan jenis kopi yang dapat tumbuh di elevasi 1700 m dpl dan atau di bawah elevasi tanaman kopi arabika. Kopi robusta berasal dari Afrika, yakni dari pantai barat hingga ke Uganda. Tahun 1898 di Kongo, ialah masa mula kopi robusta ditemukan, tepatnya oleh Emil Laurent. Tetapi, terdapat sumber beda yang melafalkan bahwa kopi robusta kesatu ditemukan oleh Richard dan John Speake tahun 1862 silam. Nama “robusta” sebenarnya melulu nama dagangnya. Sedangkan nama botaninya ialah canephora. Diperkirakan kopi robusta masuk ke Indonesia selama tahun 1900.

Kopi robusta barangkali tidak seenak kopi arabika. Tetapi, tumbuhan kopi robusta dapat menghasilkan biji kopi yang lebih banyak, beradaptasi lebih baik dengan lingkungan dan lebih tahan terhadap karat daun

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *